NAGASWARA MUSIC AWARDS 2010 : Pilihan Juri vs Polling

Dadali Pimpin Polling “Band Pendatang Terbaik” Versi Kasakusuk.com

Dewan juri NAGASWARA Music Awards (NMA)2010 telah menatapkan 5 nominator “Band Pendatang Terbaik” NMA 2010, yakni Zivilia, Asbak, Soulfull, Jamaican Soul dan Dadali. Meski sang pemenang akan diputuskan oleh juri, polling yang dipasang di situs http://www.kasakusuk.com dalam seminggu terakhir, telah menempatkan Dadali sebagai band jagoan. Benarkah ini menjadi tanda makin kompetitifnya persaingan NMA 2010?

Sejak polling “Band Pendatang Terbaik” dipasang, pengunduh situs http://www.kasakusuk.com, langsung menjatuhkan pilihan mereka pada band Zivilia yang populer dengan hits single “Aishiteru”. Dibanding 4 band lainnya yang jadi pesaing, nama Zivilia memang lebih dikenal.

Asbak band misalnya, sempat menelurkan album berisi sejumlah hits seperti “Membuatmu Cinta Padaku” dan “Ternyata Salah Mengenalmu”, namun tidak membuat gebrakan besar seperti Zivilia yang hingga kini berhasil meraup 7 juta pengguna RBT untuk lagu “Aishiteru”. Sementara nama lainnya seperti Jamaican Soul, Dadali dan Soulfull, adalah murni pendatang baru di industri musik lewat single-single mereka. Jamaican Soul, band dengan kendaraan reggae, praktis baru menelurkan single “Bagi-bagi Cinta”. Soulfull dengan single “Ketika Kau Menyapa”, dan Dadali lewat single “Di Saat Aku Mencintaimu”.

Tapi tunggu dulu. Zivilia hanya bertahan di puncak polling “Band Pendatang Terbaik” versi http://www.kasakusuk.com selama 2 hari. Hari berikutnya justru dipimpin oleh Jamaican Soul. Band asal Yogyakarta ini hampir sepenuhnya didukung oleh massa band Endank Soekamti yang akrab dipanggil Kamtis. Jamaican Soul dan Endank Soekamti memang satu manajemen.

Ternyata, Dadali yang hanya menempati posisi ke-2 setelah Jamaican Soul, kini justru merangsak naik menjadi nomor satu. Hingga Sabtu sore (27/11), band asal Kota Hujan Bogor, Jawa Barat itu sudah dipilih sebagai jagoan oleh 1200-an voters atau sekitar 51 %. Jamaican Soul dipilih oleh 1000-an voters atau setara dengan 44 %, Zivilia 143 voters (6 %), Soulfull dan Asbak hanya 1 % atau di bawah 100 voters. Total voters hingga Sabtu sore itu mencapai 2382 orang.

Namun menurut Ketua Tim Juri, Hans Miller Banureah, ia dan timnya tidak hanya melihat dari popularitas yang mungkin baru diraih band-band yang masuk dalam kategori “Band Pendatang Terbaik. 5 band yang dinominasikan dalam kategori tersebut, akan dinilai secara utuh menyangkut hasil karya mereka, dan bagaimana mereka menjadi meteor di tengah ketatnya persaingan industri musik Tanah Air.

‎​”Soal Dadali, itu hal biasa di polling. Lain kalau pilihan disertai alasan-alasan yang kemudian alasan itu bisa diukur baru bisa dipertimbangkan juri,” kata Hans yang juga wartawan musik senior.

Toh, Hans tak memungkiri jika prestasi yang ditoreh Dadali perlu dimanage dengan baik. Seperti diketahui, video klip band ini yang dipasang selama 4 bulan di You Tube, telah dilihat oleh total 800 ribu pengunjung. Prestasi ini terhitung luar biasa.

‎​”Nah, yang harus dilakukan sebenarnya, bagaimana mengantisipasi fenomena itu untuk kemudian jadi peluang besar di industri nyata buat Dadali,” terang Hans.

Yang pasti, NMA 2010telah siap menghadirkan banyak kejutan. Menang atau kalah, tidak menjadi soal. Setidaknya NAGASWARA memahami betul bagaimana menghargai karya para artisnya dengan menggelar NMA. Peratarungan sejati justru hadir saat setiap band atau penyanyi menyodorkan musik mereka kepada pendengar. Selamat bertarung! ***pr

About nagaswara

NAGASWARA LABEL, PUBLISHING,ARTIST MANAGEMENT, RADIO TEMEN, MAGAZINE, NSTV, PICTURES, CAFE & RESTO. All about NAGASWARA Business & News Update ...
This entry was posted in Info and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s